Masih Ada Hujan, Petani di Banten Terus Tanam Padi

Senin, 31 Juli 2017 - 16:38:27 WIB dibaca: 10 pembaca

TAbloidsinartani.com-Di Musim tanam April-September (MT ASEP)  biasanya luas pertanaman padi berkurang karena sebagian sawah mengering. Namun di musim gadu tahun ini sepanjang mata memandang lahan sawah terlihat masih menghijau. Kondisi ini menimbulkan optimisme sasaran produksi padi 2016 bakal tercapai.

Tak kurang Menteri Pertanian RI , Andi Amran Sulaiman  yang hadir  di acara Pencanangan Gerakan Tanam Padi Serempak di Desa Lempuyang Kecamatan Tanara Kabupaten Serang beberapa waktu lalu menyaksikan langsung bersemangatnya petani melaksanakan kegiatan budidaya padi, meski masuk musim kemarau.

Tak seperti biasanya, di tahun ini saat terjadi La Nina justru hujan masih turun di berbagai sentra produksi padi, sehingga memungkinkan petani meneruskan penanaman padi, termasuk di lahan pengairan non teknis. Peningkatan indeks pertanaman (IP) pun terjadi dan diharapkan  perolehan panen padi  juga akan meningkat

“Tahun ini sepanjang musim air tersedia, karenanya kami optimis target produksi padi melalui program Upsus yang ditetapkan sekitar 2,3 juta ton untuk Provinsi Banten akan bisa dicapai,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Banten, Agus M Tauchid, menjawab Sinar Tani seputar kegiatan Upsus Pajale di Kabupaten Banten.

Pelaksanaan program Upsus yang telah berjalan baik khususnya pada komoditas padi, menurut Agus Tauchid, telah membuat akselerasi peningkatan produksi padi di Banten cukup tinggi. Jika pada tahun 2014 produksi padi di Banten baru sebesar 2.046.000 ton, maka pada 2015 sudah meningkat menjadi 2.189.000 atau naik 6,99%.

Peningkatan produksi tersebut dipicu meningkatnya produktivitas pertanaman padi  di  Banten. Jika sepuluh tahun lalu (2005) tercatat produktivitas masih sekitar 4,9 ton gabah kering giling (GKG)/ha, maka tahun 2015 meningkat menjadi 5,6 ton GKG/ha. Sentra produksi padi di Banten terdapat di empat kabupaten yaitu Pandeglang, Lebak, Serang dan Tangerang.

Operasionalisasi pencapaian target di lapangan sejauh ini benar-benar dilaksanakan secara terintegrasi dengan dukungan penuh banyak pihak seperti PPL, Babinsa, mahasiswa pendamping serta aparat dinas terkait. Hal ini membuat petani makin termotivasi meningkatkan hasil panen padinya. “Tambahan lagi adanya bantuan pupuk, benih unggul sampai pada traktor dan alsintan lainnya sangat mendukung tercapainya target produksi yang ditetapkan,” tutur Agus.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengharapkan, petani dan seluruh pemangku kepentingan di bidang budidaya padi memanfaatkan momen baik kemarau basah (La Nina) kali ini dengan memperluas areal tanam padi. Karena ini merupakan kesempatan untuk mendongkrak produksi padi di tahun 2016.

Bukan hanya peningkatan luas tambah tanam(LTT), namun akan lebih baik lagi bila lahan-lahan tidur dibangunkan untuk bisa menghasilkan sebanyak mungkin padi. “Selama ini kenapa terjadi bulan paceklik? Karena air tidak tersedia. Jadi kalau tidak diinginkan terjadi bulan paceklik maka harus diupayakan air tersedia sepanjang musim,” tutur Amran.

Terkait hal tersebut, menurut Mentan sudah dibuat roadmap pembangunan irigasi berkelanjutan tahun 2015-2019 dengan mensinergikan kerja Kementan, KemenPURR dan KemenLH. Kegiatan untuk tahun 2016 antara lain meliputi penyaluran 20 ribu unit pompa air, pembangunan  0,4 juta hektar irigasi tersier serta pembangunan parit dan embung. Ira


Berita Terkait


Sambutan
  • Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

    Melalui Website ini saya selaku Camat Kecamatan Tanara berusaha menyajikan kegiatan  Pemerintah Kecamatan Tanara. Dengan adanya website ini
    sebagai wujud perkembangan dunia Tekhnologi Informasi (IT) , untuk melahirkan ide kreatif dan inovatif, serta merupakan upaya kami untuk dapat mendekatkan diri
    kepada masyarakat secara luas dari sisi informasi dibidang kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Tanara supaya mudah diakses secara langsung oleh
    masyarakat secara cepat.

    Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan, dukungan dan kontribusinya sehingga website ini bisa terealisasi.
    Semoga dengan website ini dapat bermanfaat, namun disadari bahwa upaya kami ini masih jauh dari kesempurnaan tentunya butuh kritik , saran dan masukan yang
    kreatif dari berbagai elemen masyarakat.
Daftar Pegawai Kecamatan
  • Nama: M Ali Hasan

    Nip: -

    Jabatan: Kepala Desa

  • Nama: Ade Madelti

    Nip: -

    Jabatan: Bagian Organisasi

  • Nama: M Sanusi

    Nip: -

    Jabatan: Bagian Keuangan

  • Nama: Andi Wahyudi

    Nip: -

    Jabatan: Bagian Humas

  • Nama: Rudi Budi Dewanto

    Nip: 03080178

    Jabatan: Kepala Desa

Poling Masyarakat

Bagaimana Menurut Anda Dengan Adanya Website Online Desa Siremen Ini?

Statistik Pengunjung
Pengunjung Hari Ini 129
Total Pengunjung 2140
Hits Hari Ini 243
Pengunjung Online 4