Potensi Pertanian Sangat Tinggi, Petani Banten Harusnya Bisa Kaya

Senin, 11 Desember 2017 | 18:01:17 WIB | 1 pembaca

Serang, Progresnews.com -- Potensi pertanian yang dimiliki Banten seharusnya bisa menjadikan para petaninya menjadi kaya raya. Selain dektan dengan pasar yakni Jakarta, banten juga memiliki potensi lahan yang masih cukup luar yang seharusnya bisa dioptimalkan. 

"Banten ini adalah penopang Jakarta. Banten, Jawa Barat dan Lampung ini kita harus perkuat karena dekat dari pasar. Biaya transportnya murah karena biaya angkut komoditas pertanian itu ditanggung konsumen kalau diangkut dari Banten," ungkap Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran saat mengunjungi lahan pertanian di Desa Lempuyang, Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten., Selasa (19/7).

Dibanding dua daerah yakni Lampung dan Jawa Barat yang juga menjadi penyangga Jakarta dalam bidang pertania. Banten lebih memiliki potensi untuk merebut pasar.

"Jawa Barat kemudian lampung itu murah dibanding diangkut dari Jawa Timur Sulawesi Selatan apalagi dari Medan ini jauh lebih murah sehingga kami minta ssejengkal tanah di Banten ini dioptimalkan," imbuhnya.

Sedangkan, untuk menghidupkan kembali lahan pertanian yang mati dan tidak digunakan oleh masyarakat lalu digunakan untuk lahan produktif pertanian, pihaknya akan membantu dengan cara menghidupkan kembali melalui pembentukan dum, dan sumur-sumur kecil untuk mengaliri air ke lahan tersebut.

"Kemudian lahan tidur 6 bulan karena tidak ada air insyaallah akan diminta bangun dum, sumur dangkal," pungkasnya. (Iqbal/Haedi)